Jumat, 16 November 2018

15 Desain Pintu Besar Minimalis

3 september 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

15 Desain Pintu Besar Minimalis

Pintu yaitu salah satu elemen terpenting sebuah bangunan yang berfungsi sebagai media sirkulasi saluran masuk dan keluar bangunan. Biasanya berbentuk kotak  dengan ketinggian  melebihi tinggi tubuh insan umumnya.  Dilengkapi dengan  alat-alat  pengamanan  seperti  Grendel dan kunci. Model-model desain pintu sekarang berkembang sangat pesat tidak hanya sebagai elemen fungsional namun sekarang pintu juga menjadi kepingan pembentuk estetika yang cukup vital pada sebuah bangunan. 

image curtesy by pinterest
Berikut yaitu beberapa desain inspiratif pintu dengan dimensi-dimensi besar dan tidak biasa,  melalui beberapa teladan berikut ini definisi gres mengenai pintu itu sanggup sangat terasa dan gampang untuk dipahami.  Pintu yang besar selain berfungsi sirkulasi insan juga berfungsi untuk menyatukan dua ruang yaitu antara ruang luar dengan ruang dalam atau ruang dalam dengan ruang dalam.  Berbeda dengan pintu umumnya pintu-pintu besar lebih menawarkan kesan yang menyatu antara dua ruang yang dihubungkannya. 





Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image curtesy by archdaily
Pintu-pintu tersebut sanggup berbahan,  berwarna atau bertekstur apa saja,  bisa terbuat dari materi kayu,  kaca,  baja,  metal,  besi,  bahan komposit, kombinasi dari beberapa materi dan lain sebagainya,  tentu hal ini diadaptasi dengan kebutuhan dan kesesuaiannya terhadap desain bangunan secara keseluruhan. Ukurannya yang besar dan tidak biasa mengharuskan sanksi teknis yang tidak biasa pula pada pelaksanaannya,  kekuatan strukturnya menjadi gosip yang sangat utama dalam penggunaan pintu ini.

image courtesy by aecweb
Penggunaan engsel pivot lebih kami rekomendasikan daripada penggunaan engsel biasa atau yang biasa kita kenal dengan sebutan engsel kupu-kupu sehingga Potensi terjadinya lendutan akhir berkurangnya daya ikat engsel sanggup di hindari.  Jikalau pun tuntutan desain menginginkan penggunaan engsel kupu-kupu sebagai pengikat daun pintunya maka pemilihan materi yang terbaik serta teknis pemasangan yang disiplin harus di perhatikan. Tentu kita tidak menginginkan pintu yang sulit dibuka ataupun ditutup sebab teknis pemasangan atau materi engsel yang kurang baik. 

image courtesy by architecturedesign
Dan dari contoh-contoh kita kali ini semuanya memakai engsel pivot sebagai pengikat daun Pintu nya. Pintu-pintu sanggup terdiri dari 1 daun pintu saja atau dua daun pintu atau lebih dari itu di mana tentu setiap pilihan mempunyai pertimbangan-pertimbangan nya. Tidak kalah pentingnya untuk diketahui bawa penggunaan pintu besar membutuhkan ruang yang besar pula untuk rotasi daun pintunya di mana pada area rotasi pintu tidak memungkinkan untuk meletakkan atau menimbulkan area tersebut sebagai area fungsional. 

image courtesy by decorfacil
Meletakkan engsel pivot sempurna di tengah daun pintu sanggup menjadi pilihan untuk meminimalkan area atau ruang yang terpakai sebagai area rotasi pintu. Namun konsekuensi dari peletakkan ini mengakibatkan pintu tidak terlihat benar-benar maksimal dari sisi luasan bukaannya. Melihat dua kondisi di atas maka sanggup kita simpulkan meletakkan pivot pada posisi tiga perempat Bentang pintu menjadi pilihan yang sangat sempurna untuk pintu pintu besar ibarat pada contoh-contoh kita kali ini. 

image courtesy by archiproduct
beberapa desain pintu juga coba menjawab permasalahan lain dari penggunaan pintu-pintu besar ini di mana peletakkan pintu kecil di tengah daun pintu besar mencoba menawarkan alternatif pada kondisi ruang yang terhubung oleh pintu-pintu besar yang cenderung menghilangkan kesan privasi pada ruang,   di waktu-waktu tertentu pintu besar tetap tertutup dan pintu kecil dipakai sebagai media sirkulasi Utama. Dengan begitu privasi antara dua ruangan yang terhubung tetap terjaga. 

image courtesy by pinterest
Penggunaan pintu pintu besar ini kembali kepada anda sang pemilik bangunan itu sendiri jikalau anda merasa cocok dengan kesan ruang yang diberikan-nya dan juga bajet anggaran cocok, sebab tentunya dari segi bajet penggunaan pintu pintu ini memjadi jauh lebih mahal dari pada pintu pintu biasa umumnya.

image courtesy by corinthian

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda yaitu semangat gres buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai ide desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur terbaru




Peta Lokasi