Senin, 29 Oktober 2018

Mengenal Lebih Dekat, Desain Atap Datar Atau Flat Roof

15 oktober  2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mengenal lebih dekat, desain atap datar atau flat roof

Atap datar merujuk kepada model atap mendekati flat atau datar,  sebagaimana model-model atap sebelumnya atap datar juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya dan mempunyai alasan-alasan mengapa menggunakannya, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa dari hal-hal yang berkaitan dengan atap datar sehingga kedepannya anda sanggup memilih dengan sempurna Mengapa hendak memakai atap ibarat ini.

image courtesy by drfixit
Untuk bahannya sendiri sanggup memakai beberapa jenis material diantara yang paling terkenal ialah dak atau pelat beton. Dak atau plat beton  kemudian  akan dilapisi dengan  bahan-bahan pelapis anti bocor  seperti  karpet pelapis  anti bocor,  cat pelapis  anti bocor,  aspal pelapis atap  dan atau  bahan-bahan homogen  lainnya . Selain plat beton materi atap datar  lainnya sanggup berupa plat metal atau atap metal tanpa sambungan yang dibentuk benar-benar hampir datar.  





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan isu yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by roofingnewsweekly
Atap metal ibarat spandek di pesan dalam lembaran panjang yang cukup untuk menutupi seluruh area yang akan di atapi dan overstage kelebihan atap. Diantara yang menjadi kekurangan dari penggunaan atap datar ialah proses pengerjaan atap harus benar-benar detail dan disiplin alasannya ialah atap ibarat ini sangat rentan dengan kebocoran.  Penggunaan materi pelapis atap ibarat karpet atap atau pelapis pelapis homogen yang berfungsi untuk melindungi dak beton dari kebocoran sangat direkomendasikan adapun membiarkan dak beton tanpa lapisan anti bocor ialah sesuatu yang harus dihindarkan.
image courtesy by ansgroupglobal
Untuk penggunaan atap metal tanpa sambungan sebagai materi atap datar nya maka ini jauh lebih kondusif untuk dipakai dimana potensi kebocoran lebih gampang  untuk dihindari yang perlu diperhatikan ialah selokan dari buangan air atap supaya benar-benar sanggup menyalurkan air hujan yang menerpa atap dengan cepat dan baik,  untuk konstruksinya juga harus diperhatikan alasannya ialah atap metal dengan konstruksi baja ringan ini cenderung tidak dipersiapkan untuk memikul beban yang besar sehingga akan rentan dengan kerusakan apabila berbenturan dengan benda benda berat yang menimpanya.


image courtesy by rooflock
Adapun yang menjadi kelebihan dari penggunaan atap datar ialah dari sisi model atau desain bentuknya dan dari sisi pemanfaatan bidang atapnya. Dari sisi bentuknya bentuk-bentuk modern minimalis lebih gampang didapatkan atau dicapai dengan penggunaan model atap ibarat ini alasannya ialah bentuk konvensional atap ibarat prisma, kerucut  dan lainnya tidak akan kita dapatkan dan dari sisi pemanfaatan bidang atapnya, atap datar dengan plat beton sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali kegiatan acara atau fungsi lainnya  contohnya saja penggunaan roof Garden pada atap atau pemanfaatan sebagai ruang fungsional lainnya
image courtesy by magazinedonov
Hal ini tentu sangat menggembirakan mempunyai komplemen ekstra ruang di atas bangunan , namun kembali lagi bahwa aplikasi instalasi yang detail dan disiplin sangat diharapkan dikala memakai area area atap ini sebagai ruang fungsional, sehingga penggunaan atap ini tidak menjadi PR gres pemilik rumah hanya alasannya ialah permasalahan klasik ibarat kebocoran dan atau yang lainnya.

image courtesy by trendhunter

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda ialah semangat gres buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!



Berbagai wangsit desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur

Peta Lokasi