Kamis, 14 Februari 2019

Ketahui 13 Jenis Denah Tangga Berikut Ini!!!

30 juni 2017

category:  
Kategori Lainnya

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ketahui banyak sekali jenis skema tangga berikut ini!!!

Mengetahui banyak sekali jenis skema tangga akan menjadi starting yang baik sebelum memulai merencakan atau mendesain sebuah tangga. Dalam pembahasan kali ini setidaknya ada 13 model skema tangga yang akan menjadi bahan ulasan kita, yang darinya akan lahir banyak sekali model desain tangga lagi. Skema skema ini merupakan layout dua dimensional dari apa yang kita kenal sebagai bagan tangga yang merupakan olahan area pijakan atau antrede dan bordes.

image courtesy by decoestilo
Perlu di pahami bahwa pembahasan kita Kali ini murni membahas skema, bagan atau layout tangga dan yang berkaitan eksklusif dengannya, hal ini dimaksudkan biar pembahasan sanggup lebih detail dan terperinci, adapun pembahasan mengenai definisi, elemen desain pembentuk sebuah tangga,desain review dan isu lainnya mengenai tangga ini, anda sanggup mengetahuinya dengan kembali pada artikel artikel kami sebelumnya pada kategori desain tangga.





Mencari isu arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan isu yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Setidaknya ada 13 model tangga yang mewakili 13 perkara existing bangunan yang akan kita bahas satu per satu dalam artikel ini yaitu:
1. Tangga lurus
2. Tangga berbentuk L
3. Tangga berbentuk U
4. Tangga berbentuk T 
5. Tangga berbentuk P
6. Tangga berbentuk J
7. Tangga berbentuk Z
8. Tangga berbentuk O
9. Tangga berbentuk bundar sempurna
10. Tangga setengah lingkaran 
11. Tangga seperempat bundar
12. Tangga berbentuk busur dan
13. Tangga berbentuk dinamis atau tidak beraturan.

1. Tangga lurus
Layout tangga lurus ke Arah vertical, horizontal atau yang selainnya, Cirinya semua anak tangga berorientasi pada arah yang sama dari pijakan awal hingga dengan pijakan puncak atau sebaliknya. Biasanya di aplikasikan pada bangunan dengan bagan memanjang dan pipih pada kondisi ini penggunaan tangga lurus akan sangat mengefektifkan lebar bangunan yang cenderung pipih atau sempit. Tangga sebaiknya didesain memakai bordes untuk mengurangi imbas stress akhir pemandangan tangga yang tampak menjulang.

image courtesy by theconstructor
2. Tangga berbentuk L
Layout tangga berbentuk L, dengan bordes di sudutnya atau tanpa bordes di sudutnya. Bentuk L sanggup dicapai dengan sisi horizontal dan vertikal dari bagan tangga sama panjang ataupun tidak sama panjang antara satu dengan yang lainnya semuanya boleh boleh saja untuk di aplikasikan di sesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi existing bangunan. Denah tangga berbentuk L lebih cocok dipakai pada ruang yang cukup Luas dengan tanpa sekat yang membatasi ruang tangga.

image courtesy by civilblog
3. Tangga berbentuk U
Layout tangga berbentuk U, dengan bentuk U yang tepat atau tidak sempurna. Biasanya mempunyai dua buah bordes yang terletak di setiap sudutnya, atau mempunyai satu buah bordes memanjang yang mempertemukan dua buah sudut tangga, atau sanggup juga di aplikasikan tanpa bordes sama sekali. Ruang yang di gunakan pada skema bagan U ini cenderung efektif dimana Ruang bawah tangga sanggup di gunakan maksimal sebagai gudang atau kamarmandi.

image courtesy by theconstructor
4. Tangga berbentuk T
Denah tangga berbentuk T, lebih proportional apabila tangga berbentuk T tepat dengan jumlah anak tangga yang sama di setiap kepingan tangganya. Biasanya rumah atau hotel dengan hall yang besar lebih cocok untuk di aplikasikan desain tangga berbentuk T ini. Railing tangga sangat memungkinkan untuk di ekspose tepat dan gaya desain classic sangat cocok untuk skema tangga ini. Tidak di rekomendasikan untuk ruang yang kecil alasannya yakni akan sangat menyita luasan ruang yang tentunya mengakibatkan ruang tidak efektif.

image courtesy by popularstairs
5. Tangga berbentuk P
Layout tangga berbentuk P, merupakan kombinasi tangga lurus dan tangga melingkar. Skema tangga sangat menarik begitu juga dengan proyeksi tiga dimensionalnya. Denah tangga ibarat ini sanggup saja terjadi secara insidentil namun dikala kita dengan sengaja hendak menghadir tangga dengan skema yang demikian maka sebaiknya memperhatikan ketersediaan ruang yang cukup untuk area tangga tersebut. Model tangga ibarat ini lebih cocok tanpa bordes dari sisi bentuknya namun harus tetap memperhatikan kenyamanan pengguna.

image courtesy by theconstructor
6. Tangga berbentuk J
Skema tangga berbentuk J, merupakan kombinasi bentuk tangga lurus dan tangga seperempat lingkaran. Seperti halnya tangga berbentuk P sebelumnya, tangga ini juga akan tampil lebih tepat tanpa bordes. Sebaiknya model tangga ibarat ini di gunakan bukan sebagai penghubung lantai lantai utama melainkan lebih kepada tangga mezzanine atau tangga split level pada bangunan.

image courtesy by mathsisfun

 NEXT


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda yakni semangat gres buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!! 

Berbagai ide desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur terbaru




Ketahui banyak sekali jenis skema tangga berikut ini Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!!
Ketahui banyak sekali jenis skema tangga berikut ini Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!!



Custom Search


Peta Lokasi